Madrid : Cukup setahun untuk balikin modal Kaka & CR7




Real Madrid tak rugi mengeluarkan banyak uang untuk mendatangkan Kaka dan Cristiano Ronaldo. Selain permainan mereka oke, keduanya akan mendatangkan uang jauh lebih besar. Bahkan, dalam setahun uang pembelian kedua bintang itu bisa tertutup.

Saat membeli Kaka dari AC Milan, Madrid dikabarkan mengeluarkan dana 65 juta euro (sekitar Rp906,3 miliar). Sedangkan untuk mendatangkan Ronaldo, Madrid harus mengeluarkan dana 80 juta pounds atau 94 juta euro (sekitar Rp1,3 triliun).

Berarti, untuk kedua pemain itu Madrid membayar 159 juta euro (sekitar Rp2,2 triliun). Namun, Madrid bukan tanpa perhitungan. Sebab, keduanya juga akan menjadi tambang emas yang sangat besar.

Menurut grup bisnis Weber Shgandwick, dari penjualan kaus kedua pemain itu saja, diperkirakan dalam setahun Madrid akan mendapat penghasilan 123,8 juta euro (sekitar Rp175 triliun). Belum penjualan merchandise lainna dan acara sponsor.

Maka, kemungkinan dalam setahun dana pembelian kedua pemain itu sudah tertutupi, atau bahkan surplus. Belum lagi jika Madrid sukses dalam berkompetisi. Maka, keuntungan mereka akan semakin berlimpah.

Sementara menurut Direktur International Business of Sport, Profesor Simon Chadwick dari Universitas Coventry, penghasilan Madrid akan melonjak jika mereka juara Divisi Primera atau Liga Champions.

“Ronaldo akan mendatangkan uang sebesar David Beckham ketika dia membela Madrid. Apalagi jika permainan Madrid makin baik dan juara Liga Champions,” terang Chadwick.

“Penjualan kaus Beckham saja mencapai jutaan potong. Gaji besar pun tak masalah buat Madrid,” tambahnya.

Dia menambahkan, Kaka dan Ronaldo sudah cukup menggandakan penghasilan Madrid. Maka, gaji besar buat Kaka dan Ronaldo tak terlalu bermasalah.

Sebab itu, kemungkinan Madrid tak terlalu ngotot mengejar Franck Ribery dan Carlos Tevez. Sebab, keduanya bukan orang Spanyol. Jika masuk, maka Madrid akan semakin didominasi pemain asing dan itu tak terlalu bagus buat citra mereka. Apalagi, pelatih Madrid, Manuel Pellegrini, juga dari Cile.

Sumber : Kompas

0 komentar:

Posting Komentar